Categories : Tips Rumah

 

Apakah Anda memiliki masalah dengan plafon rumah Anda? Atau Anda sedang bingung dengan banyaknya pilihan mengenai jenis plafon yang ingin Anda pasang di rumah? Mungkin artikel dari kami berikut dapat membantu. Berikut akan dibahas mengenai plafon rumah modern yang sering dipakai yaitu plafon gypsum dan shunda plafon .

Model plafon rumah yang paling sering dipakai juga bermacam-macam, tergantung bentuk rumah dan keinginan para pemiliknya. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari plafon shunda dan plafon gypsum.

1. Ketahanan Terhadap Air

Shunda plafon terbuat dari bahan PVC ( Polyvinyl Chloride ) seperti pipa sehingga memiliki kelebihan tahan air. Jadi Anda tidak perlu merasa takut akan adanya kebocoran plafon. Yang perlu dipastikan saat menggunakan shunda plafon adalah pemasangan atap yang benar agar menghindari kebocoran atap.

Karena walaupun shunda plafon tahan air, tapi atap yang bocor tetap saja akan mengakibatkan kerusakan dalam waktu jangka panjang. Selain itu pemasangan baja ringan sebagai penahan shunda plafon harus diperhatikan penuh untuk menghindari kerusakan pada shunda  yang mungkin bisa rusak saat pemasangan.

Sedangkan untuk plafon gypsum, bahan yang dipakai memang rentan terhadap air apalagi jika terjadi kebocoran atap dalam jangka panjang dapat memberikan noda kecoklatan pada plafon rumah Anda (Lihat Harga Pasang Plafon Rumah Disini). Segera perbaiki atap bocor ketika terjadi hal seperti ini. Perawatan plafon gypsum juga harus diperhatikan secara berkala. Karena ketika basah dapat membuat bahannya menjadi rapuh.

 

2. Tahan Panas

Plafon Gypsum

Sebenarnya untuk tahan panas, kedua plafon ini tidak secara langsung tahan terhadap panas, tetapi dikarenakan saat pemasangan atap (ada baiknya menggunakan atap baja ringan. Lihat harga pasangnya disini) rumah modern biasanya akan dilapisi insulator panas (Heat Insulator).

Insulator ini berfungsi untuk menolak panas atau mengurangi panas yang langsung datang dari sinar matahari. Tetapi plafon dengan bahan gypsum dan shunda plafon juga memiliki peran penting disini, kedua plafon ini tidak menghantarkan panas sehingga saat panas mengenai insulator.

Panas yang diterima plafon gypsum dan shunda plafon akan berkurang. Kemudian plafon bukan penghantar panas yang hanya meresap sedikit panas. Jadi dapat dikatakan bahwa keduanya mampu mengurangi panas pada rumah Anda.

3. Kelenturan Bahan

Shunda Plafon

Jika membicarakan kelenturan bahan, maka shunda plafon adalah pemenangnya. Bahan dari PVC ( Polyvinyl Chloride ) membuatnya lebih lentur daripada bahan plafon gypsum. Shunda plafon yang lentur berarti akan membuatnya mudah saat pemasangan.

Bongkar pasang yang lebih mudah membuatnya menjadi salah satu plafon populer untuk rumah saat ini. Sedangkan untuk plafon gypsum sendiri, masih kalah jauh jika dibandingkan dengan shunda plafon . Tetapi semua kembali ke selera Anda masing-masing.

Jika ingin tahu bagaimana perbedaan bahan ketika disentuh tentu saja plafon shunda lebih halus daripada plafon gypsum. Jika sejauh ini Anda sudah menilai shunda plafon lebih baik, anda dapat melihat daftar harganya dan melakukan pemesanan shunda plafon disini.

4. Ketahanan Terhadap Api

Shunda Plafon

Kebakaran merupakan resiko tertinggi yang ingin dihindari. Keuntungan shunda plafon dari plafon gypsum adalah shunda plafon tidak menyebarkan api. Hal ini berarti shunda plafon tidak terbakar dan tidak mampu menyebarkan api ke bagian bangunan lainnya.

Dengan bahan PVC ( Polyvinyl Chloride ), jika terjadi kebakaran bahannya cenderung akan meleleh. Sedangkan plafon gypsum cenderung menyebarkan api dan dapat mengakibatkan kebakaran lebih besar.

Setelah membaca perbandingan antara kedua plafon diatas, sudahkah Anda menentukan plafon mana yang akan Anda beli dan pakai?

Save

Facebook Comments